Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Eksposisi

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Paragraf Deduktif dan Induktif, kali ini kita akan membahas mengenai Paragraf Eksposisi. Paragraf merupakan bagian dari bagian karangan (tulisan) atau bagian dari tuturan (lisan). Disebut paragraf bila berbentuk sebuah kesatuan gagasan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat. Karena itu, paragraf pada umumnya terdiri dari beberapa kalimat. 

Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang berisikan suatu informasi langsung terhadap pembacanya. Dan dalam hal ini eksposisi membahas atau menerangkan suatu hal dengan memasukan bukti-bukti yang konkret. Paragraf Eksposisi adalah jenis paragraf yang tulisannya memberikan informasi mengenai sebuah teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasan.

 Pengertian Paragraf Eksposisi

Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Eksposisi


1. Dalam buku Menulis Tertib dan Sistematik tertulis bahwa tulisan eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi. Pengarang dan penulis berusaha memaparkan kejadian atau masalah agar pembaca dan pendengar memahaminya dan pengarang mempunyai sejumlah data dan bukti sehingga, ia berusaha menjelaskan persoalan dan kejadian ini demi kepentingan anda sendiri.
2. Dalam buku Pokoknya Menulis disebutkan bahwa tulisan eksposisi merupakan tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan. Penulis berniat untuk memberi informasi atau memberi petunjuk kepada pembaca. Di sini eksposisi mengandalkan strategi pengembangan alinea seperti lewat pemberian contoh, proses, sebab akibat, klasifiksasi, definisi, analisis, komperasi dan kontras.
3. Dalam buku Ikhwal Menulis juga terdapat definisi bahwa eksposisi adalah bentuk tulisan yang sering digunakan dalam menyampaikan uraian ilmiah dan tidak berusaha mempengaruhi pendapat pembaca. Melalui eksposisi pembaca tidak dipaksa untuk menerima pendapat penulis, setiap pembaca boleh menolak dan menerima apa yang dikemukakan oleh penulis.

 Ciri-ciri Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi memiliki ciri-ciri, diantaranya:
1. berusaha menjelaskan tentang sesuatu
2. gaya tulisan bersifat informatif
3. fakta dipakai sebagai alat kontribusi
4. fakta dipakai sebagai alt konkritasi


Ada beberapa jenis pengembangan dalam paragraf eksposisi
1. Eksposisi berita, yang mengandung pemberitaan mengenai suatu kejadian.
2. Eksposisi ilustrasi, jenis ini pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide.   Biasanya menggunakan frase penghubung “dapat diilustrasikan seperti, seperti, bagaikan.”
3. Eksposisi proses, sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.
4. Eksposisi perbandingan, jenis ini menegaskan bahwa penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.
5. Eksposisi pertentangan, mengandung pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. frase penghubung yang biasa digunakan adalah “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”
6. Eksposisi definisi, memiliki makna bahwa ada batasan pengertian sesuatu dengan menfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.
7. Eksposisi analisis, jenis ini merupakan proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan.
8. Eksposisi klasifikasi, jenis ini mencoba membagi sesuatu dan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori

Contoh Paragraf Eksposisi


1. Contoh Paragraf eksposisi berita
Harga sembako di pasaran meningkat drastis ketika awal bulan puasa, dari harga daging, telur, ayam, beras, minyak dan lain sebagainya mengalami peningkatan sehingga menimbulkan keluhan dari masyarakat maupun pedagang.

2. Contoh Paragraf Eksposisi ilustrasi
Hukum dibuat untuk ditaati sebagaimana buku dibuat untuk dipelajari. Namun dalam pengaplikasiannya sering terjadi pelanggaran-pelanggaran hukum seperti halnya buku yang dibeli namun hanya jadi pajangan.

3. Contoh Paragraf Eksposisi Proses
Untuk membuat es teh manis sebagai hidangan pembuka, yang pertama ambil teh celup dan taruh di dalam gelas yang sudah diberi gula secukupnya lalu tuangkan air hangat secukupnya pada gelas ukuran 220cc, kemudian masukan es batu pada gelas. 

4. Contoh Paragraf Eksposisi perbandingan
Seseorang yang belajar dengan cara membaca dan menulis lebih kuat dalam mengingat apa yang dipelajarinya dibandingkan dengan orang yang hanya belajar dengan cara mendengar. Sebab teori muncul ketika praktek telah dijalankan.

5. Contoh Paragraf Eksposisi pertentangan
Orang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa.

6. Contoh Paragraf Eksposisi definisi
Dalam ilmu kedokteran sering kita dengar kata obesitas. Obesitas adalah suatu kondisi medis berupa  kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan masalah bagi kesehatan dan atau menurunkan harapan hidup bagi penderitanya karena sangat mudah terkena penyakit seperti penyakit jantung maupun diabetes.

7. Contoh Paragraf Eksposisi analisis
Tragedi pembunuhan anak adopsi, Angeline, di Bali menyisakan beberapa pertanyaan bagi tim penyidik dari kepolisian maupun masyarakat sekitar. Sebab keterangan dari tersangka AG masih sering berputar-putar dan diragukan kebenarannya. Oleh karena itu tim penyidik mencium adanya pihak lain yang terlibat dalam kasus ini.

8. Contoh Pragraf Eksposisi klasifikasi
Bantuan pemerintah pusat dalam pengembangan dan pembangunan daerah terpencil dan tertinggal akan disalurkan pada kuartal II tahun ini. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap desa akan mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah pusat sebesar 1,4 miliar rupiah yang pencairannya terbagi dalam beberapa tahap. Bagi daerah yang menerima bantuan dari pemerintah pusat tersebut diharapkan agar membuat laporan sebagai bentuk tanggung jawab.

Demikian mengenai Paragraf Eksposisi dan Contohnya. Semoga bsia memberikan informasi dan pembelajaran yang berguna. Jika ada kesalahan mohon perbaikan dan masukannya. Salam.

 Daftar Pustaka:
  • Jos.  Daniel Parera, 1987, Menulis Tertib dan Sistematik
  • A. Chaedar Alwasilah dan Semmy Suzanna Alwasilah, 2005, Pokoknya Menulis
  • Aceng Hasani, 2005, Ikhwal Menulis 
.

Pengertian, Ciri, dan Contoh Paragraf Eksposisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumpun Nektar

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Diberdayakan oleh Blogger.