Pengertian, Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi

Bahasa Indonesia - Apa yang dimaksud dengan Teks Deskripsi? Nah jika kamu pernah mendengar Deskripsi tentunya sudah mengetahui maksud atau makna dari kata tersebut. Namun apakah kita tahu apa ciri-ciri teks Deskripsi dan juga Tujuan Teks Deskripsi? Nah kali ini kita akan membahasnya dan lengkap dengan Contoh Teks Deskripsi dan juga Strukturnya. Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai Gaya Bahasa dan juga paragraf Eksposisi, kali ini akan kita lanjutkan ke bab Paragraf Deskripsi.

Tujuan Teks Deskripsi tentunya juga akan sama dengan pengertian dari teks deskripsi yang secarasingkat bsia diartikan sebagai penjelasan dari pokok bahasan baik dalam bentuk paragraf ataupun kalimat jelas. Teks Deskripsi adalah salah satu  pokok bahasan dari mata pelajaran Bahasa Indonesia. Didalamnya akan kita pelajari Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan Teks Deskripsi, Struktur Teks Deskripsi, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi, Ciri-ciri Teks Deskripsi dan juga beberapa Contoh Teks Deskripsi untuk lebih memudahkan.

 Pengertian, Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi

 Pengertian, Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Seperti yangs udah disinggung di atas, Pengertian Teks Deskripsi merupakan sebuah teks yang berbentuk kalimat maupun paragraf yang memaparkan bahasan tertentu melalui susunan kata yang bertujuan memberikan penjelasan. Dalam teks Deskripsi, si penulis mengeluarkan persepsi atau pandangan dari hasil observasi ke dalam bentuk tulisan secara jelas dan terperinci.

Ciri Teks Deskripsi

 Ada beberapa ciri-ciri dari teks Deskripsi, diantaranya :
  • Memberi Gambaran : Teks Deskripsi haruslah memberi gambarana atau memaparkan dan juga menjabarkan suatu objek secara detail dan utuh.Melibatkan Panca Indra : Saat pembaca membaca teks deskripsi, pembaca haruslah seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara langsung apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut. Teks Deskripsi harus melibatkan indra pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, atau perabaan agar pembaca dapat merasakan objek yang dijelaskan oleh penulis dengan jelas meskipun pembaca tidak mengalaminya sendiri.
  • Menjelaskan Bentuk Fisik : Teks Deskripsi haruslah memberikan penjabaran ciri – ciri dan sifat objek tertentu secara terperinci seperti bentuk, ukuran, kepribadian, warna.
  • Banyak frasa Sifat : Biasanya Teks Deskripsi banyak ditemukan frasan yang bermakna kata sifat atau keadaan
  • Memerlukan Data :   Teks deskripsi memerlukan data – data yang valid berupa fakta yang logis dan sesuai dengan realita sebagai ilustrasi untuk memaparkan objek sehingag dibutuhkan observasi.
  • Pola Pengembangan : Teks deskripsi menerapkan pola pengembangan urutan ruang yang mengharuskan penulis memaparkan suatu keadaan atau kondisi, peristiwa, dan informasi lain dalam teks deskripsi berdasarkan objek yang diamati.

Struktur atau Isi Teks Deskripsi

  • Identifikasi, penentuan dari identitas suatu objek yang akan dijelaskan pada teks deskripsi.
  • Klasifikasi, unsure penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  • Desripsi, gambaran atau penjelasan suatu objek atau topik dalam teks deskripsi tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi

Sebuah Teks deskripsi dibuat memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai suatu objek secara utuh agar mereka dapat dengan tepat memahami dari bahasan yang disajikan. Teks deskripsi yang dibuat merupakan hasil dari sebuah pengamatan atau observasi. Hal inilah yang menyebabkan teks deskripsi memiliki informasi yang jelas mengenai suatu benda atau objek sesuai dengan data dan fakta yang diperoleh oleh penulis.


Jenis-Jenis Teks Deskripsi

  • Teks paragraf deskripsi subjektif  yaitu suatu paragraf  deskripsi yang dalam penggambaran objkenya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis teks tersebut.
  • Teks paragraf spatial, dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa benda, tempat, ruang dan sebagainya.
  • Teks paragraf objektif, dalam teks ini penggambaran objek digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Contoh Paragraf Deskripsi

Kafe Kopita merupakan kafe yang memiliki tempat nyaman bagi para pelanggannya, kafe ini dikelilingi oleh banyak tanaman dan bunga serta pepohonan yang menjadikan udara di sekitar kafe terasa segar dan sejuk. Kafe ini juga memiliki fasilitas internet atau free wifi yang membuat lokasinya menjadi tempat asyik untuk nongkrong bagi semua kalangan khususnya yang berjiwa muda. Di bulan ramadhan, maka Kafe kopita akan semakin ramai, sebab tempat ini juga menjadi salah satu alternatif yang dijadikan  favorit untuk berbuka puasa.

Demikian penjelasan mengenai Teks Deskripsi mulai dari Pengertian, Ciri Deskripsi, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi termasuk jenis-jenis Teks Deskripsi yang memiliki 3 jenis. Semoga artikel mengenai bab teks deskrispi ini bsia berguna bagi yang sedang mencari materi pembelajaran teks deskripsi untuk mata pelajaran bahasa indonesia. Salam





Pengertian, Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rumpun Nektar

0 komentar:

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Artikel Terkait Lainnya:

Diberdayakan oleh Blogger.