Apa yang dimaksud dengan laporan? bagi yang ingin mengetahui jenis laporan dalam bahasa indonesia dan bagaimana pengertiannya, kali ini kita akan bahas mengenai jenis jenis laporan bahasa indonesia. Untuk yang mencari mengenai penjelasan dan pengertian laporan, juga jenis-jenis laporan bisa anda membaca postingan kali ini dan semoga bisa membantu.
Laporan lisan adalah laporan yang disampaikan secara langsung (dengan berbicara). Contoh laporan lisan adalah laporan Pimpinan Upacara kepada Pembina Upacara saat upacara bendera hari Senin. Laporan tertulis adalah laporan yang disajikan dalam bentuk uraian secara tertulis.
1. Laporan Lisan
Adalah bentuk laporan yang langsung di lakukan oleh seseorang kepada orang lain secara lisan.
Contoh:
2. Laporan Tertulis
Adalah bentuk laporan yang di tulis oleh si pelapor.
Contoh:
Isi Laporan yaitu:
Pokok-pokok Isi Laporan Dapat Berupa:
- Fakta
- Opini
I. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Kegiatan
2. Maksud dan Tujuan Kegiatan
II. Isi Laporan
1. Judul dan Tema Kegiatan
2. Tempat dan Waktu Kegiatan
3. Peserta Kegiatan
4. Susunan Panitia
5. Anggaran
6. Pelaksanaan Kegiatan
III. PENUTUP
1. Kesimpulan
2. Saran
Ciri-ciri Laporan yaitu:
.
Pengertian Laporan
Laporan adalah hasil kunjungan, pengamatan, dan kegiatan di suatu tempat yang didokumentasikan. Laporan adalah suatu jenis dokumen yang berisi tentang suatu hasil kegiatan/pengamatan yang berbentuk angka-angka, beberapa jilid buku, formulir standard dan surat. Laporan terbagi menjadi dua, yaitu, laporan tidak tertulis/lisan dan laporan tertulis.Jenis-jenis Laporan dan Contohnya
Laporan lisan adalah laporan yang disampaikan secara langsung (dengan berbicara). Contoh laporan lisan adalah laporan Pimpinan Upacara kepada Pembina Upacara saat upacara bendera hari Senin. Laporan tertulis adalah laporan yang disajikan dalam bentuk uraian secara tertulis.
Jenis-jenis Laporan
Jenis-jenis Laporan yaitu:1. Laporan Lisan
Adalah bentuk laporan yang langsung di lakukan oleh seseorang kepada orang lain secara lisan.
Contoh:
Seorang wakil kepala sekolah melaporkan kondisi sekolah saat kepala sekolah tidak berada di sekolah karena ada pelatihan di luar kota.
2. Laporan Tertulis
Adalah bentuk laporan yang di tulis oleh si pelapor.
Contoh:
dalam sebuah diskusi, seorang no tulis akan membuat sebuah laporan hasil diskusi. Laporan akan di berikan kepada pihak yang kompeten dan terkait sehingga ada tindak lanjut dari diskusi tersebut.
Isi Laporan yaitu:
- Kegiatan atau hal yang di lakukan.
- Waktu kegiatan itu di lakukan.
- Tempat kegiatan itu di lakukan, orang atau peserta kegiatan.
- Tujuan di adakan kegiatan.
- Hasil kegiatan.
Pokok-pokok Isi Laporan Dapat Berupa:
- Fakta
- Opini
Format Laporan
Dalam menyusun laporan, ada format yang harus diikuti, berikut formatnya :I. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Kegiatan
2. Maksud dan Tujuan Kegiatan
II. Isi Laporan
1. Judul dan Tema Kegiatan
2. Tempat dan Waktu Kegiatan
3. Peserta Kegiatan
4. Susunan Panitia
5. Anggaran
6. Pelaksanaan Kegiatan
III. PENUTUP
1. Kesimpulan
2. Saran
Ciri-ciri Laporan
Ciri-ciri Laporan yaitu:
- Ringkas : Dalam laporan yang di tulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera menghubungi permasalahannya.
- Lengkap : Laporan dapat semakin sempurna jika di lengkapi dengan sumber kepustakaan.
- Logis : Laporan di anggap logis jika keterangan yang di temukan nya dapat di telusuri alasan-alasan nya yang masuk akal.
- Sistematis : Laporan di anggap sistematik jika keterangan yang di tulisnya di susun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.
Fungsi Laporan
Manfaat Laporan yaitu:- Pertanggung jawaban untuk orang yang memberi tugas.
- Dasar mengambil kesimpulan.
- Alat melakukan pengawasan.
- Dokumen untuk bahan belajar.
- Sumber pengalaman orang lain.
.
0 komentar:
Posting Komentar