Macam-macam Majas Sindiran dan Contohnya

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Jenis majas pada postingan Macam-macam majas kali ini akan mengupas masing-masing kelompok majas didalamnya. Majas atau Gaya Bahasa adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menimbulkan kesan imajinatif atau menciptakan efek-efek tertentu bagi pembaca atau pendengarnya. Dari empat pembagian jenis majas yang telah dipaparkan sebelumnya terdapat beberapa majas, masing-masing kelompok memiliki beberapa majas di dalamnya. Dan berikut ini mengenai Majas Sindiran.

Jenis majas dibagi menjadi 4, diantaranya:
1). Majas Perbandingan
2). Majas Pertentangan
3). Majas Sindiran;
4). Majas Penegasan.


Berikut pembagian macam-macam majas dari kelompok Majas Sindiran :

Macam-macam Majas Sindiran

Macam-macam Majas Sindiran


Majas Sindiran adalah gaya bahasa kiasan yang mengungkapkan sindiran dengan tujuan untuk meningkatkan kesan dan pengaruh pada sebuah kalimat.

Jenis-jenis Majas  Sindiran dibedakan menjadi berikut.

1) Majas Ironi

Ironi adalah gaya bahasa yang menyatakan suatu hal yang bertentangan dengan tujuan untuk menyindir.
Contoh: Bagus sekali tulisanmu sampai tidak dapat dibaca.

2) Majas Sinisme

Sinisme adalah gaya bahasa yang menyatakan sindiran secara langsung.
Contoh : Perkataanmu tadi sangat menyebalkan, tidak pantas diucapkan oleh orang terpelajar sepertimu.


3) Majas Sarkasme

Sarkasme adalah gaya bahasa yang menyatakan sindiran yang paling kasar. Majas ini biasanya diucapkan oleh orang yang sedang marah.
Contoh: Dasar kerbau dungu, kerja begini saja tidak becus!


Lihat Juga Paragraf Eksposisi

Sebagai bentuk gaya bahasa, majas seringkali tanpa kita sadari sudah terbiasa kita pakai dalam pembicaraan sehari-hari. Selain itu, untuk bkarya tulsian baik fiksi maupun menulis artikel dan berita, majas seringkali digunakan untuk menonjolkan suatu hal tertentu agar pembaca lebih mduah mencerna.

Demikian mengenai Majas Sindiran dan pembagian majas-majas Sindiran dan contoh majas Sindiran didalamnya. Untuk majas pembangian kelompok lainnya seperti majas Perbandingan, Majas Pertentangan, dan Majas Penegasan ada di postingan lain di blog ini. Bila ada kekurangan atau kesalahan mohon untuk koreksinya. Salam.



0 komentar:

Artikel Terkait Lainnya:

Diberdayakan oleh Blogger.