Cara Menyusun Resensi Buku

Bagaimana Cara Membuat resensi Buku? Mungkin kebanyakan dari Anda memiliki hobi membaca, namun belum tentu Anda yang suka membaca juga rajin membuat resensi dari buku yang telah Anda baca. Apa itu resensi? Resensi adalah suatu tulisan yang memiliki tujuan untuk memberikan pertimbangan atau penilaian tentang suatu buku yang baru diterbitkan kepada pembaca. Melalui resensi, para pembaca bisa mendapatkan suatu informasi, penting atau tidaknya suatu buku dan layak atau tidaknya buku tersebut untuk dibaca.

Fungsi dan Tujuan Resensi Buku


Seorang penulis resensi buku biasanya disebut resentator akan memberi pertimbangan kepada pembaca secara seimbang, baik kelebihan maupun kekurangan suatu buku yang akan dibuat resensinya. Selain itu penulisan resensi bertujuan untuk :
  •     Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas dan lebih mudah dipahami.
  •     Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut ditulis dan diterbitkan.
  •     Menguji kualitas buku dengan cara membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya dengan tema yang sama.
  •     Memberi pendapat kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku

Unsur – Unsur Resensi Buku

Setiap orang bisa membuat resensi dari suatu buku. Namun, dibutuhkan poin poin tertentu agar resensi yang Anda buat dapat diterima oleh orang lain. Apa saja yang harus ada di dalams resensi sebuah buku?

Berikut adalah hal-hal yang harus ada di dalam sebuah resensi buku :

Identitas buku
Apabila buku yang Anda resensi adalah buku terjemahan, akan lebih baik jika Anda menuliskan judul asli buku tersebut. Demikian juga dengan pengarang buku tersebut, apabila buku yang diresensi adalah buku terjemahan, Anda harus menyebutkan penulis buku asli dan penerjemah.

Judul resensi
Judul resensi harus memiliki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik akan memberi nilai lebih pada sebuah resensi. Jelas bahwa judul biasanya dilihat untuk menghakimi isi.

Data buku
Dalam sebuah resensi dibutuhkan data sebuah buku yang diresensi tersebut. Data buku tersebut meliputi :
a. Judul buku
b. Pengarang
c. Penerbit
d. Tahun terbit beserta cetakannya
e. Dimensi buku
f. Harga buku

Ikhtisar Isi resensi buku
Ikhtisar merupakan bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman. Ikhtisar adalah bentuk singkat karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan atau buku asli, sedangkan ringkasan harus sesuai dengan urutan karangan atau buku aslinya.

Kelebihan dan kekurangan buku
Penulis resensi harus mampu memberi penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan buku yang disertai dengan ulasan secara objektif. Ulasan objektif inilah yang nantinya akan membedakan resensi Anda dengan resensi orang lain, dengan begitu, orang yang ingin membaca buku tersebut akan memiliki banyak pandangan.

Penutup resensi buku
Pada bagian penutup biasanya akan diisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan, serta kritik dan saran kepada penulis.

Cara Membuat Resensi Buku

Cara Membuat Resensi Buku


Kini, Anda telah paham mengenai apa itu resensi dan unsur-unsur yang harus terkandung dalam sebuah resensi buku. Berikut langkah-langkah cara membuat resensi buku guna memudahkan Anda untuk membuat resensi buku :

1. Menentukan buku yang akan diresensi
Tentukan buku yang akan Anda resensi baik itu roman, novel, biografi, atau karya lain. Selain itu seorang resentator menyebutkan juga buku termasuk buku fiksi atau nonfiksi. Jadi Anda bisa menggolongkan terlebih dahulu karya seperti apa yang menajdi target resensi Anda.

2. Mencatat anatomi buku
Dalam resensi juga tercantum identitas dari buku. Catatlah identitas buku yang akan Anda resensi, seperti jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dimensi dan harga buku. Catat pula mengenai bentuk atau format dari buku itu. Apakah bentuknya, kertas, ilustrasi cover, jenis huruf yang dipakai, dan sebagainya.

3. Membaca buku dengan teliti
Membaca secara detail dan mencatat hal-hal penting. Sebelum membuat resensi, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu buku yang akan diresensi hingga tuntas lalu mencatat kutipan dan kata-kata penting, jangan lupa poin poin utama di dalamnya.

4. Membuat Ikhtisar buku
Menulis kembali gagasan yang dianggap penting ke dalam karangan singkat yang mempunyai satu kesatuan.

5. Membuat isi resensi
Selanjutnya, Pada tahap ini Anda memberikan komentar dan pandangan Anda terhadap buku yang Anda resensi.

Berikut langkah-langkahnya :
  1.     Membuat informasi umum tentang buku yang diresensi
  2.     Menentukan judul resensi
  3.     Membuat ringkasan secara garis besar
  4.     Memberikan penilaian buku
  5.     Menonjolkan sisi lain dari buku yang diresensi
  6.     Mengulas manfaat buku tersebut bagi pembaca
  7.     Penilaian dari segi kelengkapan karya, EYD dan sistematika resensi

6. Kesimpulan
Anda dapat mengemukakan apa yang Anda peroleh dari buku yang diresensi dan imbauan kepada pembaca. Jangan lupa cantumkan nama Anda selaku peresensi.

Lihat Juga  Perbedaan Artikel, Opini, dan Esai

Itulah pengertian dan cara membuat resensi buku dengan mudah. Jangan lupa untuk memberi kritik dan saran yang membangun agar sang penulis terus berkarya dan mengembangkan idenya. Dengan adanya resensi buku, maka orang lain akan mengetahui pandangan-pandangan subjektif lain mengenai buku tersebut dari banyak kepala. Semoga bermanfaat!

Cara Menyusun Resensi Buku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iruka Danishwara

0 komentar:

Posting Komentar

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email Anda

Diberdayakan oleh Blogger.