Cara Menulis Biografi, Macam-macam, dan Contohnya

Bahasa dan Sastra - Bagaimana sih cara menulis biografi? Bagaimana cara membuat biografi yang baik? Langkah apa yang harus dilakukan terlebih dahulu ketika akan membuat biografi? Banyak masyarakat yang masih kebingungan ketika diharuskan membuat biografi mengenai seseorang. Menulis biografi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menyampaikan cerita tentang kehidupan orang lain.
Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dab graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi merupakan sebuah tulisan mengenai perjalanan hidup seseorang baik tokoh atau siapa saja yang ditulis oleh orang lain yang berisi perjalanan hidup tokoh tersebut secara detil sejak ia lahir sampai wafat. Biografi biasanya ditulis untuk negarawan, tokoh, penemu dan orang-orang besar lainnya karena biasanya banyak orang yang ingin mengetahui perjalanan hidup tokoh tersebut. Jarang sekali biografi dibuat untuk orang yang tidak populer di masyarakat. Karena biasanya biografi dibuat untuk mengenang semasa hidupnya yang biasanya berjasa bagi suatu Negara dengan rentetan jasa-jasanya selama ini.

Cara menulis Biografi pun tidak seperti ketika kita menulis novel. Pemaparan bahasa penulisan biografi tentunya beda dengan novel, karena biografi merupakan hal yang akurat, tidak mengada-ngada dan tidak melebih-lebihkan dalam penulisannya. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

Karena itu cara membuat buku sendiri buku biografi berbeda dengan novel. Biografi menerangkan dan menganalisa kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu, atau misteri yang melengkapi hidup seseorang serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Berikut merupakan cara mudah menulis buku biografi.

Cara Menulis Biografi

Cara Menulis Biografi

Dalam membuat sebuah biografi terdapat hal – hal yang harus diperhatikan ketika akan menulis. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • hendaknya memilih tokoh yang menjadi idola Anda
  • mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tokoh tersebut, baik sejarahnya maupun apa yang dilakukan bila masih hidup
  • hal yang menarik mengenai tokoh tersebut
  • hal positif mengenai tokoh tersebut bagi masyarakat
  • penuturan penyampaian biografi yang baik, karena biografi berbeda dengan penulisan novel atau cerita lainnya. Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang.

Langkah – langkah menulis biografi

Ada beberapa langkah dalam menulis biografi, antara lain :
  1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyak tentang tokoh yang akan ditulis, dapat dengan wawancarai sang tokoh atau orang-orang terdekat. Jika sudah meninggal dapat dengan saudara, kerabat.
  2. Kumpulkan data yang akurat, baik dalam bentuk tulisan atau foto dan video.
  3. Mulai  menulis dengan bahan-bahan yang sudah tersedia.
  4. Setelah selesai, temui tokoh atau pihak yang terlibat dalam pemberi persetujuan agar membaca draft naskah sebelum di post kan agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  5. Selesai, buku siap di terbitkan.

Jenis-jenis Biografi

Setelah mengetahui cara menulis biografi yang baik, berikut ini penjelasan mengenai macam-macam atau jenis biografi :

Jenis Biografi Berdasarkan sisi penulis
  1. Autobiografi : ditulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan hidupnya
  2. Biografi : ditulis orang lain yang berdasarkan izin penulisan

Jenis Biografi Berdasarkan isinya
  1. Biografi perjalanan hidup : isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebagian paling berkesan
  2. Biografi perjalanan karir : isinya berupa perjalanan karir dari awal karir hingga akhir karir terbaru atau dalam mencapai sukses tertentu

Jenis Biografi Berdasarkan persoalan yang dibahas
  1. Biografi politik : penulisan tokoh di negeri ini dari sudut politik
  2. Intelektual biografi : disusun melalui riset dan segenap temuan dengan gaya penulisan ilmiah
  3. Biografi jurnalistik ataupun biografi sastra : materi diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis

Berdasarkan penerbitan
  1. Buku sendiri : penerbitan buku ini dilakukan atas inisiatif produsen tidak dibiayai sponsor
  2. Buku subsidi : ongkos pembuatan buku jenis ini sebagian dibiayai oleh sponsor

Jika anda masih bingung, anda bisa melihat contoh Biografi di bawah ini. Berikut adalah contoh biografi tokoh.

Contoh Biografi


Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Dari hasil pernikahannya dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962, Habibie dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Tak lama setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.

Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung. Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat summa cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

Jika anda ingin mengetahui beberapa jenis-jenis karya tulis, kami sudah merangkumnya dalam Macam-macam Karya Tulis dan penjelasannya.

Demikian Cara Menulis Biografi, Jenis-jenis Biografi, Macam-macam Biografi, Langkah menyusun biografi, dan juga Contoh biografi yang bisa anda jadikan referendi salam menyusun biografi bagi anda yang sedang ingin menyusun biografi baik untuk tugas membuat biografi ataupun untuk urusan lainnya. Salam.


0 komentar:

Artikel Terkait Lainnya:

Diberdayakan oleh Blogger.